Tuesday, October 30, 2018

Seri Investasi (14): Investree- P2P Lending (Bagian-2)

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan mengenai platform Investree sebagai salah satu fintech yang menawarkan berbagai macam investasi mulai dari mitra pemerintah dalam menawarkan SBN dan juga investasi reksadana. Sebenarnya, Investree adalah sebuah fintech yang platform utamanya yang melayani fasilitas peminjaman. Pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas Investree sebagai platform P2P Lending.

Pada Investree, yang merupakan sebuah fintech P2P Lending, cara kerjanya sudah pernah dibahas pada tulisan terdahulu. Pada kali ini, kita akan lebih fokus pada fasilitas yang dimiliki oleh Investree.
Cara kerja Platform Investree
Investree memiliki dua jenis pembiayaan pinjaman yang dapat kita danai, yaitu secara konvensional maupun secara syariah. Jadi, bagi Sobat Net yang ingin mendapatkan keuntungan dari fintech P2P Lending, namun menghindari riba, bisa mencoba fintech Investree ini. Untuk mengetahui pinjaman mana saja yang dibuat secara syariah, bisa  dilihat dengan mudah di daftar pinjaman karena memiliki tanda "syariah" di jenis pinjamannya seperti ditunjukkan pada gambar dibawah.

Tanda pinjaman Syariah di Investree
Bagaimana dengan resikonya? 
Untuk tiap - tiap pinjaman sudah memiliki grade/ peringkatnya masing-masing. Semakin tinggi peringkatnya, maka bunganya semakin kecil. Meskipun demikian, peringkat dengan pinjaman yang tinggi merupakan pinjaman dengan tingkat resiko kecil. Berikut adalah grade dari Investree.

Jika dilihat, pinjaman dengan peringkat tertinggi, yakni A1++, memiliki tingkat bunga 12% pertahun. Tingkat pengembalian yang tinggi daripada deposito maupun Reksadana Pasar Uang. 

Melalui platform ini, Sobat Net jangan takut apabila uang disalahgunakan oleh pemilik situs, karena dengan mendaftar Investree, otomatis Sobat Net akan dibuatkan rekening atas nama pribadi yang nantinya pihak Investree hanya boleh memindahkan dana atas permintaan Sobat Net. Fasilitas lainnya, jika misalkan Sobat Net, tidak memiliki pinjaman yang ingin dibiayai karena kriteria yang kurang cocok, maka uang yang ada di rekening Sobat Net, bisa dipindah sementara ke fasilitas reksadana yang tersedia. 
Bagaimana dengan pencairan pinjaman?
Untuk pembayaran pinjaman, waktu jatuh temponya bisa dilihat di situs Investree tersebut dan apabila sudah dibayarkan oleh peminjam, akan diinfokan melalui email. Berikut adalah contoh info pengembalian pinjaman yang diterima di email, lengkap dengan jumlah bunga dan juga potongan pajak
Contoh info pembayaran pinjaman yang dikirim ke e-mail 
Banyak sekali yang dapat dibahas mengenai Investree. Namun, pada posting kali ini, mimin cukupkan sampai disini karena inti dari platform P2P Lending, khususnya Investree sudah mencakup semua apa yang ingin mimin sampaikan kepada Sobat Net. P2P Lending bisa menjadi salah satu investasi yang mengasyikan karena tingkat pengembalian yang cukup tinggi.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat. Bagi Sobat Net yang ingin mendaftar Investree, silahkan mendaftar melalui tautan berikut.

Selamat Berinvestasi

No comments:

Post a Comment

Leave your comment !

Popular Posts